Cara Belajar Algoritma

Cara Belajar Algoritma

Mau Belajar Algoritma ? Ikuti Kelas ITversity

Anda ingin mahir di Algoritma, Ikuti kelas ITversity yang bisa anda ikuti di Course-Net. Segera daftarkan diri anda untuk mahir belajar Algoritma.

Algoritma Pemrograman - Spider Code | Aplikasi ini bercerita tentang ibu laba-laba yang ingin membantu anaknya untuk berjalan mencapai sarang laba-laba, dengan cara menyusun blok yang berisi perintah kepada anak laba-laba. Blok perintah tersebut merupakan sebuah potongan code/script yang harus disusun oleh pemain. Pada pemainan ini kamu akan belajar tentang bagaimana sebuah coding itu berjalan, kamu akan diberikan materi tentang struktur dasar pemrograman. Konsep pembelajaran pada aplikasi ini dirancang secara interaktif disertai permainan menarik dan suara yang menarik sehingga tidak membuat bosan saat bermain. Belajar tentang struktur dasar algoritma pemrograman merupakan hal dasar yang harus dikuasai oleh kamu yang ingin belajar pemrograman, sehingga setelah kamu menguasai tentang struktur dasar pemrograman, kamu akan lebih mudah untuk mempelajari berbagai bahasa pemrograman. Materi yang dimuat dalam game edukasi ini adalah: - Struktur Dasar Algoritma Runtunan - Struktur Dasar Algoritma Perulangan - Struktur Dasar Algoritma Pemilihan. Sedangkan untuk menu permainannya sendiri terdapat 2 stage yaitu: - Wooden House - Ice Box

Minggu depan kamu harus ngajarin si sulung faktor bilangan.

Begitu titah nyonya tadi sore kepada saya.

Sekilas mencari faktor dari suatu bilangan adalah hal yang mudah. Kita hanya perlu mencari himpunan bilangan terkecil dan unique yang membangun bilangan tertentu. Caranya adalah dengan membagi bilangan tersebut dengan bilangan yang lebih kecil dan memecahnya menjadi bilangan yang lebih sederhana.

Kalau dipikir-pikir lagi, suatu faktor pasti merupakan bilangan prima.

Sebagai contoh, misalkan kita hendak mencari faktor dari bilangan n = 30.

Faktor dari bilangan 30 adalah (2, 3, 5) dan semuanya adalah bilangan prima.

Mencari faktor mungkin hal yang mudah tapi bagaimana dengan menuliskan langkah kerja tersebut menjadi suatu algoritma?

Saya yakin ini hal yang lebih rumit dibanding menghitungnya. hehe

Oke, sekarang saya akan coba membuat algoritmanya dalam bentuk flowchart. Oh iya, algoritma ini sebenarnya modifikasi dari algoritma bilangan prima dari post saya sebelumnya.

Dari flowchart di atas, kita akan buat function R-nya. Sekalian saya juga akan hitung processing time dari algoritma ini.

Sekarang moment of truth, kita akan cek hasilnya untuk berbagai macam bilangan.

Terlihat function di atas berhasil menemukan faktor dari bilangan dan processing time-nya masih dibawah 0.5 detik bahkan untuk bilangan berdigit besar.

if you find this article helpful, support this blog by clicking the ads.

Pagi ini giliran saya belajar matakuliah Algoritma dan Rancangan Perangkat Lunak. Tujuan utama dari kuliah ini adalah membuat para mahasiswanya memiliki mathematical thinking dan bisa menuangkan logika serta langkah-langkah komputasinya dalam suatu algoritma.

Pada awalnya saya berpikir:

It’s okay, I got this…!

Ternyata tidak semudah itu Ferguso…

Saya (atau kita semua) mungkin sadar bahwa selama ini kita sudah terbiasa menggunakan basic function yang tersedia di suatu bahasa pemrograman. Tapi apa pernah kita mencoba untuk membuat basic function itu sendiri?

Jangan-jangan kita belum bisa menuliskan algoritma dari basic function tersebut?

Buatlah algoritma (atau function) yang bertugas untuk mengurutkan barisan bilangan: 5, 8, 6, 1, 3, 1, 2,  − 5, 2, 2,  − 4 !

Masalah tersebut bisa diselesaikan dengan mudah menggunakan fungsi base di R, yakni sort(). Nah, pertanyaannya adalah apakah kita bisa membuat fungsi sort() sendiri? Bagaimana algoritma dibalik fungsi tersebut?

Apakah memungkinkan kita membuat fungsi yang berdasarkan hanya pada conditional, looping, dan sequence?

Dalam algoritma setidaknya ada tiga jenis control structure.

Saya menawarkan solusi algoritma sebagai berikut:

Salah satu tricky parts dalam algoritma di atas adalah jika ada elemen vector terkecil yang multiple. Dari soal yang ada: 5, 8, 6, 1, 3, 1, 2,  − 5, 2, 2,  − 4, terlihat ada beberapa elemen yang berulang.

Jadi saat melakukan step 3, saya harus memindahkan semua elemen yang berulang tersebut. Begini kira-kira fungsi di R-nya:

Sekarang kita lihat hasilnya dan berapa lama komputasi yang diperlukan dengan library(tictoc).

Tapi jika saya perhatikan lebih baik, terlalu banyak basic function yang saya gunakan. Saya menggunakan min() dan rep().

Bisakah saya membuat function lainnya yang lebih sedikit menggunakan basic function yang ada?

Saya akan buat algoritma yang mungkin lebih simpel cara kerjanya, yakni dengan melakukan perbandingan secara repetitif.

Begini kira-kira function-nya:

Function baru di atas hanya menggunakan satu basic function saja, yakni length(). Sekarang kita lihat hasilnya dan berapa lama komputasi yang diperlukan.

Ada banyak cara melakukan suatu komputasi. Kita bisa memilih mana yang lebih baik, cepat, dan nyaman di penulisan skripnya.

if you find this article helpful, support this blog by clicking the ads.

Belajar python dapat memperluas peluang pasar kerja global. Dengan belajar python yang adalah salah satu dari tiga bahasa pemrograman teratas di dunia, Anda berkesempatan memasuki dunia kerja dalam industri yang diprediksi akan menjadi paling populer ini, sehingga dapat membangun karier yang lebih baik.

Faktanya, menurut Indeks PopularitY of Programming Language (PYPL) yang dibuat dengan menganalisis frekuensi tutorial bahasa yang dicari di Google, python adalah bahasa pemrograman paling populer di seluruh dunia. Jadi, jika Anda ingin berkarier di negara lain, seperti Swiss atau Australia, belajar python akan membantu Anda memiliki peluang bagus untuk mendapatkan pekerjaan di sana. Di mana pun Anda ingin bekerja, menambahkan python ke dalam daftar keahlian Anda bisa menjadi “tiket” bekerja ke mana saja.

Contoh – contoh Algoritma

Berikut adalah contoh – pengertian Algoritma yang terjadi dalam kehidupan kita, yaitu sebagai berikut:

Algoritma Tahun Kabisat

Tahun kabisat adalah tahun yang menambahkan satu hari dengan tujuan agar kalender dapat selaras atau singkron dengan musim tahunan yang ada serta keadaan astronomi.

Fenomena yang ada sekarang, bulan Februari memiliki 29 hari pada tahun kabisat. Berbeda dari bulan lain di tahun-tahun selain tahun kabisat yang berjumlah 30 atau 31. Adapun tahun kabisat yaitu tahun yang dapat dibagi dengan 4.

Baca Juga: 5 Contoh Algoritma Sehari-hari yang Dilengkapi dengan Flowchart

Mempelajari apa itu algoritma memang agak sedikit membingungkan namun hal ini dapat sangat bermanfaat bagi kalian yang hendak menjadi programmer dengan menggunakan materi dasar ini kalian dapat menjadi seorang programmer. Dan tak lupa untuk mempelajari materi lainnya tidak hanya materi yang mendasar, materi lanjutannya pun perlu dipelajari untuk menjadi seorang programmer.

Jenis – Jenis Algoritma

Ternyata banyak jenis Algoritma yang sudah ada, tentu sangatlah sulit untuk menentukan mana Algoritma yang penting, ada 32 Algoritma yang digunakan dalam dunia komputer oleh ilmuan Ilmu Teknologi.

Berikut adalah 10 dari 32 Algoritma yang sering digunakan dalam dunia pemrograman dikomputer.

Teknik yang digunakan untuk mendapatkan nilai tertentu pada linear array dengan cara mengesampingkan setengah dari data di setiap langkahnya atau di setiap urutannya.

Pencarian Beam merupakan algoritma yang mengoptimasi pencarian terbaik pertama. Pencarian ini menggunakan Fungsi Heuristic yang digunakan untuk memeriksa node – node yang sedang diperiksa.

Source coding merupakan sebuah proses encoding suatu informasi menggunakan bit yang lebih sedikit daripada representasi tanpa kode yang diperlukan skema encoding dengan cara spesifik dan detail.

Sebuah metode algoritma umum yang digunakan untuk menemukan solusi optimal dalam berbagai macam masalah. Metode tersebut terutama digunakan pada masalah diskrit dan kombinasi.

Fungsi untuk merangkum dan mengidentifikasi data secara probabilisitik, biasanya hal ini digunakan oleh satu orang yang menerapkan rumus matematikanya ke dalam data pemrograman. Oleh karena itu akan menghasilkan string yang lebih unik dari biasanya.

Metode mengurangi run time pada algoritma serta menampilkan sub – masalah tumpeng tindih dan subtruktur optimal.

Permasalahan dalam Maximum Flow ini adalah menemukan hukum melalui jalur aliran secara maksimal. Terkadang hal ini yang disebut karena menemukan hukum dengan aliran maksimal.

Masalah ini biasanya dilihat dari masalah khusus yang lebih kompleks dari kasus melalui alur aliran tersebut. Maximum flow juga ada hubungannya dengan potongan dalam jaringan oleh teori Max – flow min – Cut

Metode ini merupakan metode yang efisien dalam menemukan perkiraan, dari nol serta dari fungsi yang bernilai nyata. Metode ini juga dikenal sebagai algoritma yang menemukan akar persamaan dimensi dalam satu atau lebih. Serta Metode newton digunakan sebagai metode untuk menemukan maksimal local dan fungsi minimal local.

Apa Itu Fungsi Algoritma

Adapun fungsi dari Algoritma yang tidak hanya untuk memecahkan suatu masalah tertentu saja melainkan masih ada banyak lagi fungsi lainnya yaitu sebagai berikut.

Langkah – Langkah dalam pemrograman umumnya adalah sebagai berikut:

Terdapat banyak Bahasa pemrograman yang dapat kita pilih dengan bebas, namun tidak semua permasalahan cocok dengan Bahasa pemrograman seperti ini dan itu, maka perlu kita cari tahu manakah bahasa yang cocok dengan permasalahan yang akan kita kerjakan.

Algoritma memiliki beberapa ciri – ciri sesuai yang dikatakan Donald E. Knuth yaitu sebagai berikut:

Algoritma memiliki definisi yang disebutkan menurut Rinaldi Munir. Menurutnya, Algoritma adalah urutan atau langkah–langkah logis dari penyelesaian masalah yang disusun dengan sistematis. Di sisi lain, menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), Algoritma adalah urutan logis pengambilan keputusan untuk pemecahan suatu masalah.

Algoritma pemrograman dapat dikatakan baik apabila telah memenuhi beberapa syarat, atau memiliki standar yang dapat diterima dengan sebutan baik setelah memenuhi beberapa syarat berikut.

Algoritma memiliki struktur dasar, proses ini harus ada karena dengan adanya struktur, proses untuk pemecahan masalah akan berjalan sesuai dengan instruksi.

Chơi Spider Code Belajar Algoritma trên PC với giả lập nhẹ LDPlayer

Spider Code Belajar Algoritma là game Trò chơi giáo dục trên thiết bị mobile, được phát hành bởi Qreatif. Sử dụng giả lập Android tốt nhất-LDPlayer, bạn có thể tải và chơi vui Spider Code Belajar Algoritma trên PC.

Chơi Spider Code Belajar Algoritma trên máy tính, bạn có thể tận dụng phần cứng CPU và bộ nhớ RAM mạnh mẽ của máy tính, không còn bị giật lag hoặc bị đứng, khỏi lo những giới hạn trên mobile như pin bị tụt nhanh, data có hạn và cuộc gọi rác đến, muốn chơi bao lâu thì chơi bấy lâu.

LDPlayer là một trong những giả lập Android trên máy tính Windows, chuyên thiết kế cho người chơi đam mê game mobile. Với sự tích hợp của hệ điều hành Android 9.0, qua hiệu năng siêu mạnh và FPS cực cao, LDPlayer sẽ giúp bạn tăng trải nghiệm chơi Spider Code Belajar Algoritma trên máy tính.

Ngoài ra, LDPlayer còn cung cấp nhiều tính năng mô phỏng đặc biệt, ví dụ như trình đa nhiệm (multi play), lệnh script (ghi chép hành động), thao tác đồng bộ (multi control), điều khiển từ xa (OSLink) và những tính năng khác không hề có trên mobile. Hãy tải và chơi ngay Spider Code Belajar Algoritma trên máy tính nha!

Apa itu Algoritma: Belajar Algoritma Pemrograman dari 0 hingga Mahir – Apabila kalian ingin belajar dan mendalami tentang ilmu pemrograman sehingga kalian nantinya menjadi programmer handal, sangat diperlukan untuk belajar dasar – dasar ilmu pemrograman. Contoh halnya mempelajari Algoritma pemrograman. Sangat tidak mungkin apabila kalian ingin menjadi programmer tapi tidak mempelajari hal ini.

Kalian juga perlu mempelajari apa itu algoritma, pengertian algoritma, contoh algoritma dan sebagainya. Dengan mempelajari dasar ilmu dalam pemrograman, kalian haruslah memiliki niat yang tinggi untuk mempelajari ilmu pemrograman karena ilmu ini tidaklah mudah bagi pemula yang awam tentang pemrograman bahkan tidak mengerti komputer.

Ada banyak istilah dalam ilmu komputer atau dalam ilmu pemrograman yang perlu kalian pelajari, termasuk yang akan kita bahas kali ini yaitu Apa itu Algoritma Pemrograman. Mari kita simak pembahasan berikut tentang apa itu algoritma, contoh algoritma, algoritma pemrograman.

Konsep Logika dan Algoritma 1. Logika

Logika adalah sebuah cabang ilmu dari filsafat yang merupakan induk dari semua ilmu pengetahuan seperti matematika, fisika, kimia, dan ekonomi. Logika berasal dari kata Yunani kuno “logos” yang berarti hasil pertimbangan akal pikiran yang dijelaskan lewat kata dan dinyatakan dalam bahasa.Secara sederhana kata logika dapat diartikan dengan masuk akal. Secara singkat, manfaat logika dalam ilmu pengetahuan dapat dikategorikan sebagai berikut :

Algoritma adalah sekumpulan langkah rinci yang ditujukan untuk komputer dalam menyelesaikan suatu masalah. Langkah-langkah tersebut dibuat supaya dapat dituangkan kedalam program sehingga program dapat dieksekusi oleh komputer. Tapi tentu sebelum dituangkan dalam program, algoritma ini dapat juga diuji secara manual.

Untuk Menggambar atau membuat Flowchart kita bisa saja menggambar dengan cara manual yang penting simbol-simbolnya benar. Untuk mendesain flowchart dan langsung mengujinya kita dapat menggunakan aplikasi Flowgorithm.  Flowgorithm ini merupakan aplikasi gratis yang dapat digunakan untuk mempelajari algoritma pemrograman komputer melalui diagram alir (flowchart).

Aplikasi ini dikembangkan oleh

pada Tahun 2017 lalu. Untuk mengunduh aplikasi Flowgorithm silahkan menuju ke website resminya di

Untuk cara menggunakannya silahkan menuju ke dokumentasinya.

Dan sekarang saatnya melihat Contoh Algoritma untuk Menghitung Luas Persegi Panjang:

Cara lain atau alternatif untuk menyajikan algoritma adalah dengan diagram alir (flowchart). Flowchart merupakan cara lain untuk menuangkan algoritma dengan menggunakan gambar atau simbol-simbol tertentu. Jika kita menggambar flowchart di Flowgorithm kita bisa membuatnya menjadi seperti ini:

Contoh selanjutnya adalah menghitung Luas Segitiga

Langkah-langkah yang harus dilakukan :

1. Masukkan 3 buah integer yang terdiri dari alas, tinggi, dan luas

2. Untuk output judul dan keterangan tambahan bias dimasukkan setelah algoritma sukses dibuat dan dijalankan

3. Buatlah bagian input dua buah yang pertama merupakan input alas dan yang kedua input tinggi

4. Buatlah bagian atribut yang merupakan bagian yang memuat rumus/perhitungan luas segitiga

5. Terakhir adalah memasukkan bagian output yang akan menampilkan hasil perhitungan.

Pelajaran selanjutnya yang lebih sederhana, kita buat algoritma penghitungan luas bujur sangkar/persegi. Maka yang dibutuhkan hanyalah dua buah integer dan satu input. Deklarasi dari integer pertama adalah menyakana sisi bujur sangkar, deklarasi dari integer kedua adalah luas. Input hanya untuk menentukan sisi bujur sangkar, sedangkan perhitungannya luas = sisi * sisi, terakhir adalah membuat output yang akan menampilkan hasil perhitungan.

Mudah bukan, untuk selanjutnya kita akan belajar menggunakan if. untuk menentukan siswa lulus atau tidak lulus.

Ini adalah contoh flowchart untuk menentukan predikat dari sebuah nilai yang dimasukkan. Dengan menggunakan gabungan beberapa fungsi if.

Penggunaan fungsi if yang lain adalah memilih Konversi Suhu

Flowchart dasar, sebelum diberi flowchart untuk konversi masing-masing suhu.

Flowchart ini nanti yang akan kita sisipkan ke flowchart utama, direncanakan nanti jika kita memasukkan angka 1 maka kita akan melakukan konversi suhu dari Celsius ke Fahrenheit.

Berapa lama waktu untuk mempelajari Python?

Waktu yang Anda butuhkan untuk belajar python pemula akan bergantung pada beberapa faktor, termasuk tujuan utama Anda belajar bahasa pemrograman ini. Misalnya, jika Anda ingin mempelajari python sekadar untuk mengautomasi tugas tertentu di tempat kerja, Anda mungkin dapat mempelajarinya lebih cepat.

Berbeda halnya jika Anda ingin mempelajari python secara mendalam untuk mendapatkan pekerjaan sebagai analis data, Anda mungkin membutuhkan waktu yang lebih lama. Berikut adalah beberapa faktor lain yang dapat memengaruhi seberapa cepat Anda dapat mempelajari python:

Secara umum, dibutuhkan sekitar dua hingga enam bulan untuk mempelajari dasar-dasar python. Namun, Anda bisa belajar untuk menulis program pendek pertama dalam hitungan menit. Sementara itu, menguasai python secara lengkap bisa memakan waktu berbulan-bulan hingga bertahun-tahun.

Apa itu Algoritma Pemrograman?

Algoritma adalah sebuah urutan dari tahapan – tahapan untuk menyelesaikan suatu masalah yang disusun secara logis dan sistematis. Ini biasanya banyak digunakan orang untuk mengonversikan suatu hal atau suatu permasalahan dengan menggunakan bahasa pemrograman. Algoritma dan pemrograman merupakan suatu hal yang erat meskipun dua kata ini sebenarnya memiliki makna yang berbeda namun dianggap sama.

Algoritma pemrograman harus disusun dalam tahapan dengan susunan yang logis jelas serta sistematis. Maksud dari jelas ini adalah nilai dari pembahasan harus benar atau salah, tidak di tengah-tengah seperti jawaban yang meragukan tidak yakin. Terdapat 3 pertimbangan dalam algoritma yaitu baik, benar dan efisien.

Karatsuba Multiplication

Metode ini digunakan saat proses atau sistem perlu menggunakan perkalian, mengalikan angka dalam menentukan kisaran berapa ribu digit seperti ilmu aljabar pada komputer dan perpustakaan bignum. Metode ini dinilai terlalu Panjang karena sedikit rumit.

Teknik pembelajaran penguatan yang bekerja untuk mempelajari suatu fungsi dari nilai Tindakan yang memberikan utility yang diharapkan, hal ini diambil untuk mendapati Tindakan pada suatu saat tertentu. Setelah itu dianjurkan untuk mengikuti kebijakan selanjutnya.

Metode ini memiliki kekurangan pada kemampuan membandingkan utilitas yang diharapkan dari yang tidak ada tanpa memerlukan model lingkungan.